5 Fakta Penting Ransomware “WannaCry”

Fakta, Ransomware, WannaCry
Via: money.cnn.com

Kordspirasi.com – Beberapa hari ini, seluruh dunia digemparkan dengan munculnya serangan sebuah virus komputer bernama Ransomware Wanna Decryptor. Virus ransomware ini juga kerap disebut “WannaCry” menyerang sejumlah negara di seluruh dunia. Lalu sebenarnya seperti apa virus tersebut? Mengapa begitu membuat kepanikan di seluruh dunia? Lalu apa yang bisa kita lakukan? Bagaimana cara mengatasinya? Langsung saja, berikut 5 fakta penting virus Ransomware “WannaCry”;

Fakta, Ransomware, WannaCry
Tampilan layar komputer yang terkena ransomware WannaCry, via: blog.sonicwall.com
  • Apa itu Ransomware?

Berdasarkan pengertiannya, Ransomware adalah sebuah bentuk malware dibuat dengan tujuan menyerang mengunci sistem komputer dengan cara mengenkripsi seluruh file yang diserang. Akibatnya membuat file tersebut tidak dapat dibuka bahkan digunakan lagi, kecuali pengguna memperoleh kunci deskripsi dari pemilik virus yang sering kali meminta sejumlah uang tebusan dalam jumlah yang sangat besar. Dibanding ransomware lain, ransomware jenis WannaCry lebih canggih dan berbahaya.

  • Siapa yang Diserang Ransomware WannaCry?

Serangan ransomware global besar-besaran telah menyerang rumah sakit, perusahaan dan kantor pemerintah di seluruh dunia. Virus ini mengendalikan komputer yang terkena dampaknya sampai korban diminta membayar uang tebusan. Mayoritas serangan terjadi di Rusia, Ukraina dan Taiwan. Namun Dinas Kesehatan Nasional di Inggris dan perusahaan global seperti FedEx juga melaporkan bahwa mereka mendapat serangan virus tersebut.

  • Serangan Ransomware WannaCry Belum Berhenti

Pakar cyber security telah bekerja sepanjang waktu untuk mencoba menghentikan serangan malware yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam skala sebesar ini. Beruntung perkembangan ransomware tersebut berhasil dihentikan lewat penemuan “tombol pembunuh” yang tidak disengaja, saat bersembunyi di dalam sebuah kode. Namun seorang hacker bisa saja memanipulasi kode tersebut untuk mencoba serangan ransomware lagi.

  • Serangan Ransomware WannaCry Berdampak di Dunia Nyata

Meskipun terjadi di dunia maya, nyatanya serangan ini benar-benar berdampak di dunia nyata. Dilaporkan, serangan cyber tersebut mempengaruhi 16 organisasi yang merupakan bagian dari National Health Service. Serangan tersebut menyebabkan beberapa prosedur pembedahan dibatalkan dan ambulans dialihkan. Tentu hal tersebut akan memjadi bencana jika semakin banyak rumah sakit diserang virus tersebut.

  • Apa yang Harus Dilakukan?

Seperti yang dilansir dari kompas.com, M. Salahuddin selaku Ketua Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) menganjurkan para pengguna sebaiknya tidak langsung menyalakan dan menyambungkan komputer ke LAN atau internet. Pengguna sebaiknya agar terlebih dahulu mem-backup data penting dan melakukan update Windows. Sebenarnya celah keamanan yang dieksploitasi oleh WannaCry, sudah ditambal melalui patch sekuriti Windows oleh Microsoft pada Maret 2017 lalu, namun belum semua komputer memasang update tersebut. Karena Microsoft menganjurkan meng-update Windows di komputer pengguna.

Itulah beberapa fakta penting yang harus kamu tahu tentang virus Ransomware WannaCry. Sebaiknya para pengguna komputer tidak perlu panik secara berlebihan karena sebenarnya cara menanggulanginya sudah ditemukan. Namun tetap menganjurkan untuk selalu waspada.

LEAVE A REPLY