Opatua Unjuk Taring di Ranah Musik “Bising” di Kota Jogja

Kordspirasi.com – Opatua band jogja yang mengusung genre rock n roll ini dibentuk di awal  2011. Di penghujung tahun 2014 opatua menjadikan EP Retorika Pinggir Kota sebagai gerbang pertama untuk unjuk taring di ranah musik “bising” di kota jogja.

Opatua band jogja yang mengusung genre rock n roll, via: Opatua Official
Opatua band jogja yang mengusung genre rock n roll, via: Opatua Official

Mereka meramu musik dengan sedikit ketukan tanggung yang datang dengan cepat, lalu tambahan overdrive dan distorsi yang dicampur dengan dentuman bass yang kasar, kemudian dibalut dengan lengkingan serak si vokalis yang bakal bikin bulu kuduk kalian naik. Selain itu Opatua juga menyuguhkan aksi panggung nyleneh dari kelakuan minus si vocalis yang menggunakan celana belang. “Kami senang dengan komposisi ini, kadang juga ditambah atau dikurangi dengan hal-hal menyenangkan lainnya,yang kami kira kalian juga akan menyukainya!”. Begitu penjelasan Brande El saat ditemui di sebuah warung mie daerah Nologaten.

Setahun berselang opatua masuk dalam kompilasi  salah satu majalah lokal yang berisi banyak band siap tempur dari jogja. Dan si waktu yang tak beda jauh, opatua kembali masuk kedalam album kompilasi LaBunyi #1 besutan JrYouthCoop dibawah naungan kampung halaman.org yang berkolaborasi dengan beberapa musisi senior jogja. Dan diawal tahun 2016 ini opatua kembali masuk dapur untuk menggarap full album mereka.

“Opatua sebenarnya sedikit terkejut saat weld-good magazine menyebut kami sebagai the next big thing of 2015, namun sekumpulan pemuda liar yang mengusung kotornya 90’s rock yang dibaharui dengan serak yang melengking sedang menyusun era mereka sendiri di skena lokal yogyakarta sejak mereka mulai menghentak panggung demi panggung dari tahun ke tahun”. Ujar Brande.

Dapatkan informasi seputar musik terbaru baik dalam dan luar negeri di Info Musik.

LEAVE A REPLY