Vokalis-Vokalis Band Keren Abad Ke-21

vokalis-keren
Linkin Park performs at The Joint inside the Hard Rock Hotel & Casino August 30, 2011 in Las Vegas, Nevada.

Kordspirasi.com – Sebuah karunia besar Tuhan yang diberikan kepada manusia yaitu suara. Suara yang bisa digunakan banyak hal, salah satunya menyanyi. Semua orang bisa bernyanyi, tapi tidak semua orang bisa bernyanyi dengan bagus. Beberapa orang bisa menyanyi bagus, tapi tidak semua bisa menjadi vokalis. Beberapa orang bisa menjadi vokalis, tapi tidak banyak yang bisa menjadi vokalis keren.
Vokalis adalah salah satu anggota dari sebuah band yang menyanyikan bagian vokal solo utama dari sebuah lagu. Di belakangnya ada musisi lain yang menyertainya yang memainkan ritme dan alat musik. Semakin berkembangnya dunia musik semakin berkembang pula teknik vokal yang digunakan. Banyak sekali vokalis band keren saat ini. Setidaknya ada beberapa vokalis band keren abad ke-21 ini yang muncul dan menginspirasi banyak orang. Berikut vokalis-vokalis band keren yang banyak menginspirasi.

1. Chester Bennington

Chester Bennington, via: deviantart.net

Siapa yang tidak kenal vokalis band keren yang satu ini, Chester. Chester adalah vokalis sebuah band Nu- Metal, bernama Linkin Park. Dengan kemampuannya, kalian pasti setuju bahwa Chester merupakan salah satu vokalis terbaik sepanjang masa. Kalau kalian masih belum yakin, bisa langsung cek live panggungnya mereka. Dari live panggungnya, kalian akan tahu betapa keren vokalis satu ini. Namun hal lain yang menjadikan Chester sebagai vokalis keren karena dia selalu konsisten sampai pada usianya yang sekarang sudah tidak muda lagi.
Dia bisa menyanyi dengan lembut kemudian tiba-tiba aaarrrR, scream nada tinggi yang keren. Yang terbaru, dia bisa menyanyi lagu lembut seperti Leave Out All The Rest, kemudian bisa kalian dengar screamnya di Given Up, scream-nya lebih dari 15 detik tanpa istirahat. Wow. Semaikin keren dengan range vokalnya yang lebar banget. Kalau belum puas bisa lihat olah vokal ciamiknya di lagu-lagu mereka yang dulu.

2. Matt. Shadows

Matt. Shadows, via: deviantart.net

Chester memang memiliki clean vocal dan scream yang keren, tetapi jika berbicara si Matt shadows pasti akan menjadi semakin menarik. Karena Si Mamat ini tidak hanya vokalis band keren saat bernyanyi clean dan scream saja, dia juga memiliki kemampuan tingkat Mad dog dalam mengatur range vokalnya. Bisa kamu dengar di lagu M.I.A rangenya beraneka ragam, mulai nada yang tinggi, rendah sampai rendah sekali diakhir lagunya. M. Shadows juga memiliki live yang bagus, sebagus MP3-nya. Pada setiap live panggung Avenged Sevenfold selalu stabil, walau dulu dia pernah dioperasi karena kehilangan suara. Namun hal tersebut tidak menurunkan kualitasnya.
Dia juga berguru dengan guru yang sama dengan vokalis band keren lainnya, Gun And Roses, si Ron Anderson. Mungkin itu juga salah satu faktor warna suaranya bisa berubah-ubah seperti si Axel Rose. Selain itu sejak menyanyi dengan lebih benar, menjadi semakin bagus daripada vocal album pertama Avenged Sevenfold. Awalnya si mamat terlalu sering scream pada album pertama mereka. Setelah itu dia memutuskan untuk mengurangi scream-nya, tetapi tetap kerenlah.

3. Oliver Sykes

Oliver Sykes, via: cdn.buzznet.com

Awalnya dia dikenal dengan vocal scream nada tingginya yang menyerupai pekikan setan, seperti pada lagu Pray For Plagues. Sebenarnya teknik yang seperti itu cukup berbahaya untuk digunakan. Scream nada tinggi yang melengking disepanjang lagu. Namun seiring bergantinya jenis musik Bring Me The Horizon. Sekarang dia hadir dengan scream yang berbeda. Scream-nya yang sekarang cukup unik, scream yang menurut GoGo ataupun si Pampams sangat sulit ditirukan. Walau diawal-awal manggung sering tidak sebagus MP3-nya, tetapi seiring waktu kemampuan vokalnya meningkat. Dia termasuk vokalis band keren saat ini.
Sebenarnya cukup sulit menjelaskan, bagaimana Oliver bernyanyi. Teknik yang dilakukan Oliver sulit untuk ditiru, ketika menyenyi suara yang keluar dari mulutnya seperti orang yang teriak biasa tapi ada atribut vokal screamnya. Tidak banyak vokalis yang bisa seperti itu ada beberapa, misalnya si Jared Letto and Bert McCracken, tetapi tetap saja tidak bisa seperti Oliver secara full lagu.

4. Mitch Lucker

Mitch Lucker, via: wikimedia.org

Orang ini tahu bagaimana menyanyi scream. Screamnya luar biasa tanpa memiliki resiko tinggi. Teriakannya bekerja luar biasa baik dan terkadang terdengar brutal seperti pada lagu No Pity for a Coward atau Unanswered. Saat di atas panggung dia bergerak kesana kemari tanpa kehilangan screamnya. Selain itu dia juga sering menggunakan teknik growl-nya. Tidak heran karena Suicide Silence adalah band beraliran Deathcore. Namun perpaduan antara kedua tekniknya sangat pas. Namun sangat disayangkan kita sudah tidak bisa mendengar kehebatan screamnya lagi karena pada 1 November 2012 dia mengalami kecelakan tragis yang menyebabkan dia meninggal dunia. Meskipun demikian kemampuan dan karya-karyanya akan selalu dihati penikmat deathcore dan metalheaders dunia. Mitch akan selalu menjadi legenda. Mitch adalah vokalis band keren yang abadi.

5. Jake Luhrs

Jake Luhrs, via: flickr.com

Para pecinta metalcore pasti tahu orang yang satu ini. Salah satu vokalis band keren dari aliran Metalcore. Dia adalah salah satu orang jenius di band August Burns Red, band yang beraliran technical metalcore. Band ini semakin lengkap dengan divolakilsi oleh seorang sekaliber dirinya. Kemampuan vokal screamnya sangat powerfull, bahkan ketikan live dia stabil dan tak henti-hentinya scream pada lagunya. Dalam setiap lagunya selalu berisikan materi vokal yang full dari awal sampai akhir.
August Burns Red dikenal dengan genre metalcorenya yang cukup rumit. Ketukan dan tempo bisa berubah-ubah dalam setiap lagunya. Bisa dilihat pada lagunya yang berjudul Barbariandan Truth of Liar. Dalam lagu tersebut dibutuhkan kemampuan vocal scream yang tinggi, terutama pada pengaturan nafasnya. Namun vokalis satu ini, bisa mengatasinya dengan mudah di panggung.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY