Tips Membeli Gitar Akustik

tips beli gitar

Kordspirasi.com – Kali ini Kordy akan memberikan tips mengenai cara memilih gitar akustik barumu dengan tepat. Memang masih banyak yang kebingungan membeli gitar akustik yang bagus. Mudah-mudahan beberapa tips berikut bisa berguna buat kalian yang akan membeli gitar akustik baru agar mendapat gitar akustik yang bagus. Tips ini berlaku untuk jenis gitar akustik senar nylon (classic) dan gitar akustik senar steel. Tips ini juga akan membantu terutama jika kalian akan membeli gitar akustik yang kurang bermerek, kw, ataupun custom.

Salah satu gitar akustik yang paling banyak dicari, via: taylorguitars123.blogspot.com
Salah satu gitar akustik yang paling banyak dicari, via: taylorguitars123.blogspot.com

1. Tentukan gitar pilihanmu
Untuk membeli gitar akustik yang bagus, maka tentukan gitar pilihanmu sebelum membeli gitar. Cari referensi gitar akustik yang bagus. Kalian bisa browsing di internet mengenai bentuk-bentuk gitar yang mungkin akan kalian pilih. Atau bisa memilih gitar yang akan kalian gunakan nantinya akan menggunakan senar steel ataukah nylon. Senar steel biasanya digunakan dengan di genjreng dan di petik menggunakan pick gitar, sedangkan senar nylon biasanya digunakan untuk memainkan lagu-lagu klasik dengan cara dipetik menggunakan jari.
2. Meminta bantuan teman yang mengerti gitar
Jika kalian ingin membeli gitar baru yang memiliki kualitas yang bagus namun kalian sama sekali tidak mengerti tentang gitar, kalian harus meminta bantuan seorang teman yang mengerti gitar untuk membelikan atau menemani membeli gitar. Dengan mengajak teman yang mengerti gitar diharapkan kalian akan mendapatkan gitar dengan kualitas yang baik meskipun gitar yang kalian beli adalah gitar kw atau custom. Gitar-gitar bermerek dengan harga mahal juga belum tentu tidak memiliki kekurangan, sehingga kalian harus berhati-hati.
3. Cek fisik gitar
Tentunya kalian tidak ingin gitar yang baru kalian beli memiliki masalah fisik bukan? Gitar akustik yang bagus tentu tidak memiliki masalah fisik. Namun gitar baru belum tentu bebas dari masalah fisik. Bukan tidak mungkin bahwa gitar-gitar yang dipajang ditoko bebas dari benturan. Terutama untuk gitar-gitar kw dan custom, biasanya tidak sedikit gitar yang dijual sudah memiliki cacat fisik sejak baru. Cek fisik gitar yang akan kalian beli secara keseluruhan. Pastikan kalian tidak menemukan adanya neck melengkung, cat terkelupas, fret menonjol atau tajam, kayu yang koyak, lem terlepas dan masalah fisik lain pada gitar yang akan kalian beli.
4. Pilih gitar dengan tuning standar
Tidak semua gitar akustik baru bisa di tune sampai semua nada senar mempunyai bunyi standar. Meskipun disini menginginkan gitar akustik yang bagus, tidak sedikit gitar yang kurang ber merek memiliki senar yang tidak mampu untuk mencapai nada standar pada gitar. Biasanya hal ini terjadai karena neck yang agak melengkung. Stem atau tuning gitar sampai semua senar bernada standar. Mintalah kepada penjual untuk menyetem gitar yang kalian pilih ke seteman standar. Atau kalian juga bisa meminta temanmu yang mengerti gitar untuk membantu menyetem gitar. Jika gitar tidak bisa disetem atau di tuning sampai ke seteman standar, jangan beli gitar itu! Kalian akan sulit belajar gitar dengan baik jika gitar yang kalian miliki tidak bisa di stem standar. Jika tidak memungkinkan menyetem dengan bantuan orang lain, stem gitar itu sendiri.
5. Cara menyetem atau tuning gitar ke nada standar
Samakan nada tiap senar gitar dengan tuts di keyboard atau piano, nada standar gitar adalah jika senar 1 (paling bawah) bernada mi, senar 2 (senar diatasnya) bernada si, senar 3 (diatas senar 2) bernada sol, senar 4 (diatas senar 3) bernada re, senar 5 (diatas senar 4) bernada la, dan senar 6 (paling atas) bernada mi yang lebih rendah. Jika tidak ada piano atau keyboard di toko tempat kamu membeli gitar, download aplikasi musik ke handphone dan samakan not pada aplikasi musik dengan gitar yang kalian pilih. Atau bisa juga samakan dengan lagu-lagu tertentu misalkan lagu band Ungu “Demi Waktu” yang memiliki intro dengan kunci “C”, jika gitar yang kalian pilih memiliki nada kunci C yang sama dengan intro lagu Demi Waktu dari band Ungu, berarti gitar yang kalian pilih sudah mempunyai nada yang standar. Tuning gitar juga penting untuk memilih gitar akustik yang bagus.
6. Mainkan gitar setelah di stem/tune
Setelah menyetem gitar, sebaiknya mainkan gitar yang akan kalian beli. Jika memang belum mahir memainkan gitar, mintalah bantuan teman yang sudah mahir memainkannya. Jangan sampai gitar yang behasil kalian tune malah berat untuk dimainkan, itu gitar yang kurang abgus. Misalnya gitar berhasil di tune namun karena kondisi neck yang kurang baik kita jadi membutuhkan tenaga untuk menekan salah satu senar. Periksa juga setiap nada di fretnya satu persatu, jangan sampai ada nada yang ketika kita tekan malah tidak berbunyi ataupun jangan sampai ada senar yang ketika kita tekan malah justru menyenggol fret di depannya sehingga tidak berbunyi dengan sempurna (ngefret), lebih baik jangan pilih gitar dengan kodisi seperti itu.
7. Tawar sebelum membeli
Sebenarnya tidak hanya membeli gitar saja yang perlu untuk ditawar, membeli barang lain juga kalau memungkinkan untuk ditawar kenapa tidak? Hehe. Biasanya gitar yang dijual di semua toko musik memungkinkan untuk ditawar. Walaupun sudah tercantum berapa harga gitar yang di jual, cobalah untuk menanyakan harga nego kepada penjualnya. Jika harga yang kita dapatkan lebih murah, bukankah kita bisa sekalian menghemat pengeluaran.

Itulah tips membeli gitar akustik. Semoga gitar yang kamu beli adalah gitar akustik yang bagus sesuai dengan harapanmu. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY