Tips dan Trik Dalam Belajar Menyanyi Scream Metal

cara-menyanyi-scream
Via: www.metalinjection.net

Kordspirasi.com – Jika kalian penggemar musik metal, pasti tahu apa ciri khasnya. Musiknya yang keras, beatnya yang cepat, ada breakdown-nya, serta distorsi gitar yang tebal. Dan jangan sampai ketinggalan, ada vokal scream metalnya. Ya begitulah, vokal scream metal selalu identik dengan musik ini, maka tidak boleh dilewatkan. Walaupun ini sebenarnya adalah teknik yang salah, ditambah juga tidak dianjurkan untuk digunakan dalam hal menyanyi. Mau bagaimana lagi, scream metal seakan sudah menjadi bagian dalam musik metal. Tentu tidak bisa dibayangkan band-band metal seperti Deadsquad, Burgerkill, Seringai, Suicide Silence atau Slipknot tidak ada scream-nya.

Okelah, walau sebenarnya dalam beberapa sub genre metal, teknik bernyanyinya menggunakan campuran antara teknik metal scream dan vokal clean (teknik menyanyi pada umumnya) contohnya pada Metalcore dan Post-hardcore. Tetapi dalam musik metal, tetap saja terasa aneh jika tanpa menggunakan teknik vokal scream. Kata pepatah lama ibarat seperti sayur tanpa garam.

Vokal scream metal dikenal sebagai salah satu teknik menyanyi dengan cara menggetarkan udara di tenggorokan untuk menghasilkan suara yang memiliki distorsi tertentu. Distorsi disini yang dimaksud adalah penyimpangan suara.

Belajar scream idealnya memang dijelaskan lewat video. Karena memang terdengar sedikit tidak mudah untuk dijelaskan dengan tulisan. Untuk belajar scream juga bisa dibilang tidak mudah. Sedangkan jika berbicara dampak, maka teknik ini memang memiliki resiko yang tinggi. Tetapi Kordy yakin ada manfaat dari mempelajari teorinya dulu.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa sebenarnya belajar scream ini memiliki resiko, jika tekniknya salah, mengabaikan beberapa hal dan digunakan secara berlebihan bisa berbahaya. Mulanya bisa dari tenggorokan yang sakit, suara rusak bahkan bisa kehilangan suara untuk beberapa waktu. Namun setiap teknik pasti bisa dipelajari dengan baik dan benar. Ataupun paling tidak meminimalisir resiko yang ada. Untuk itu, Kordy ingin berbagai tips dan trik dalam mempelajari teknik bernyanyi scream metal. Disini Kordy akan membagi ke dalam empat bagian, yaitu  teknik pernafasan, teknik scream, artikulasi, belajar menggunakan microphone.

1. Teknik pernafasan

Belajar teknik pernafasan yang baik dan benar adalah hal yang utama, via: http://www.metalinjection.net/
Belajar teknik pernafasan yang baik dan benar adalah hal yang utama, via: http://www.metalinjection.net/

Belajar scream, apapun teknik yang kamu lakukan dalam bernyanyi, belajar teknik pernafasan yang baik dan benar adalah hal yang utama. Karena berhubungan dengan kekuatan kamu dalam bernyanyi. Apalagi dalam bernyanyi metal, khususnya scream metal. Metal identik dengan musik yang powerfull, tentu tidak lucu jika vokalmu tidak maksimal. Apalagi jika kamu seorang vokalis, maka disini kamu juga dituntut ekspresif di atas panggung.

Dalam bernyanyi, pernafasan yang dianjurkan adalah pernafasan diafragma. Pernafasan yang menggunakan sekat antara rongga dada dan perut. Dengan pernafasan ini, power-mu akan sangat kuat. Caranya? ada beberapa cara yang Kordy dulu gunakan.

Pertama-tama ambil nafas secara perlahan sampai diafragma terasa penuh, lalu tiupkan sekencang-kencangnya udara dari mulut sampai habis. Hal itu dilakukan setiap pagi sebanyak 15 kali selama 2 minggu. Tetapi harus diperhatikan, ciri-ciri pernafasan ini adalah ketika kamu mengeluarkan udara, sekat antara rongga dada dan perut terasa kencang.

2. Teknik vokal scream metal

Teriakan dalam vocal scream metal bukan sembarangan teriakan, via: http://www.metalinjection.net/
Teriakan dalam vocal scream metal bukan sembarangan teriakan, via: http://www.metalinjection.net/

Dalam belajar scream disini ada dua teknik yang digunakan yaitu exhale dan inhale. Exhale adalah teknik scream dengan mengeluarkan vokal scream dengan cara mendorong udara dari pernafasan diafragma keluar melalui mulut. Sedangkan inhale sebaliknya, menghasilkan suara dengan menyedot udara dari mulut untuk menghasilkan vokal scream. Kedua teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi Kordy kedua teknik ini sama-sama memiliki keunggulan. Tetapi Kordy sarankan untuk menggunakan exhale, kenapa?. Kelebihan teknik ini pada power-nya, kamu tidak akan kehabisan tenaga jika menggunakannya. Karena teknik ini sebenarnya malah menghemat nafas untuk menghasilkan suara. Satu tarikan nafas bisa menghasilkan teriakan yang lama dan lebih mantab. Sedangkan jika kamu menggunakan inhale kamu akan kehilangan banyak power apalagi untuk kamu yang baru belajar scream . Coba saja kamu menyedot udara dari mulut sambil berkata, pasti kamu bakal kerepotan. Tetapi memang kelebihan inhale adalah mudah dalam memproduksi suara, walau tidak powerfull. Sedangkan kekurangan teknik exhale adalah power yang kuat bisa gampang membuat tenggorokan iritasi.

3. Artikulasi

Bernyanyi dengan teknik scream terdengar asal-asalan, via: an.wikipedia.org
Bernyanyi dengan teknik scream terdengar asal-asalan, via: an.wikipedia.org

Bernyanyi dengan menggunakan teknik seperti ini, terkadang memang terdengar mengucapkan kata asal-asalan, tapi sebenarnya tidak seperti itu. Kata-kata yang terucap terkadang terdistorsi, menjadikan suara yang keluar seperti auman, pekikan atau suara-suara aneh lainnya. Hal ini bisa dipelajari agar artikulasi ketika menyanyi scream metal bisa terdengar lebih jelas.

Dulu Kordy belajar dengan cara mengucapkan vocal a, I, u, e dan o dengan teriakan. Caranya adalah satu tarikan nafas mengucapkan satu vokal sampai terdengar jelas dan terasa mudah. Setelah itu coba kata perkata dengan menggunakan teknik yang sama sampai terdengar jelas juga.

4. Belajar scream di microphone

Kamu harus mencoba bernyanyi menggunakan microphone, via: http://thesheaf.com/
Kamu harus mencoba bernyanyi menggunakan microphone, via: http://thesheaf.com/

Setelah semua dipelajari sampai dengan benar. Disini dalam belajar scream, kamu harus mencoba bernyanyi menggunakan microphone. Karena biasanya suara yang keluar pada saat tanpa microphone akan berbeda ketika kamu menggunakan microphone. Terkadang bisa saja power kita ternyata masih kurang. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba menggunakan microphone. Ketika menggunakan microphone, pastikan juga bahwa suaramu terdistribusi ke microphone dengan benar. Karena bisa saja kamu sudah teriak keras, tapi suara yang masuk key microphone tidak maksimal. Untuk itu, kamu bisa memperhatikan cara kamu memegang microphone.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, ada satu lagi yang perlu diperhatikan dalam belajar menyanyi scream metal. Karena sebenarnya juga tidak bisa dikesampingkan. Dan berikut Kordy juga mencoba memberikan tips yang sebaiknya dilakukan agar belajar menjadi lebih aman dan nyaman.

– Jangan terlalu memaksakan

Saat belajar teknik scream metal kamu harus benar-benar dalam keadaan sehat. Karena jika kamu memaksakan belajar pada saat kondisimu tidak fit bisa berbahaya. Bayangkan kamu saat terkena flu kemudian teriak-teriak memaksakan tenggorokanmu yang sedang tidak fit. Hasilnya kamu bisa melukai tenggorokanmu dan lebih parah lagi juga bisa kehilangan suara kamu dalam waktu tertentu. Pernah saat itu Kordy sampai muntah-muntah karena memaksakan diri.

– Sediakan air minum

Saat sedang berlatih teknik scream metal, sangat dianjurkan menyediakan air minum. Lebih bagus air minum putih yang tidak dingin. Air disini membantu terus melembabkan tenggorokanmu saat kamu berteriak. Sehingga mengurangi resiko tenggorokanmu kekeringan dan terluka.

– Jangan memaksakan diri

Jika pada saat latihan kamu mulai merasa tenggorokanmu sakit, segeralah istirahat. Pada saat belajar seperti ini, tidak dianjurkan untuk memaksakan diri. Lebih dianjurkan rutin daripada memaksakan diri.

– Dianjaurkan tidak merokok

Kordy tidak bermaksud melarang kamu untuk tidak merokok, tetapi jika kamu ingin belajar menyanyi scream metal sangat dianjurkan untuk menghindari rokok terlebih dahulu. Karena merokok membuat tenggorokanmu cepat kering, tidak ideal buat menyanyi scream metal.

Menyanyi scream metal memang salah satu teknik salah dalam menyanyi, tetapi itu adalah salah satu teknik keren yang sudah banyak digunakan vokalis band metal dunia. Kamupun bisa belajar scream dan menjadi vokalis hebat nantinya. Dan Itulah sedikit tips dan trik dari Kordy. Semoga membantu dan selamat mencoba.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY