Sejarah Adanya Musik Metal Di Dunia

Sejarah, Musik, Metal
Via: wallpapersafari.com

Kordspirasi.com – Sejarah adanya musik metal di dunia ini tentu menjadi sebuah perjalanan panjang yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sejarah musik metal juga tidak lepas dari kehebatan para musisi hebat dan kreatif dalam meramu musik yang membuat musik semakin berkembang hingga saat ini. Dan jika berbicara musik metal tentu saja tidak lepas dari root atau akar dimana musik metal mulai tumbuh.

Dan dilansir dari mit.edu berikut ini Kordy telah merangkum sejarah adanya musik metal di dunia dari dulu hingga sekarang;

  • 1960 – Sejarah Awal Mula Musik Metal
Musik rock dan metal sebenarnya lahir pada benih musik yang sama yaitu genre blues, via: blogs.windows.com
Musik rock dan metal sebenarnya lahir pada benih musik yang sama yaitu genre blues, via: blogs.windows.com

Jika membicarakan musik metal tentu tidak bisa lepas dari dari genre asal mulanya. Dan musik rock dan metal sebenarnya lahir pada benih musik yang sama yaitu genre blues. Bahkan jika kamu ingin belajar musik rock dan metal, maka mempelajari blues terlebih dahulu adalah pilihan yang tepat.

Jika kembali ke belakang, musik metal tidak akan jadi sangat variatif sekarang tanpa adanya kreativitas musisi dunia. Saat itu berbagai musisi blues lahir dengan variasi blues yang sangat beragam, sebut saja The Beatles, The Rolling Stones, The Who dan The Kinks. Masing-masing dari band tersebut memiliki andil yang besar dalam lahirnya band-band rock saat itu. Hingga akhirnya lagu rock dengan tempo yang semakin cepat muncul dan menjadi awal mula lahirnya genre Heavy Metal.

  • 1970 – Lahir Heavy Metal
Tahun 70an bisa dibilang tahunnya genre Heavy Metal, via: uncivilrevolt.com
Tahun 70an bisa dibilang tahunnya genre Heavy Metal, via: uncivilrevolt.com

Pada tahun 70an bisa dibilang tahunnya genre Heavy Metal. Tidak hanya karena lahir pada awal tahun tersebut, tetapi pada tahun ini banyak sekali band-band beraliran Heavy Metal muncul. Kamu bisa sebut band-band seperti Deep Purple, Black Sabbath, Judas Priest dan lain-lain. Mereka tidak hanya memperkenalkan musik Heavy Metal ke dunia, tetapi juga menginspirasi munculnya band-band beraliran sejenis.

  • 1980 – Heavy Metal Generasi Baru
Awal tahun 1980an dunia musik diwarnai dengan hadirnya Heavy Metal generasi yang baru, via: metalinjection.net
Awal tahun 1980an dunia musik diwarnai dengan hadirnya Heavy Metal generasi yang baru, via: metalinjection.net

Pada awal tahun 1980an dunia musik diwarnai dengan hadirnya Heavy Metal generasi yang baru. Heavy Metal yang satu ini memiliki materi musik yang lebih berat dari Heavy Metal tahun 1980an. Beberapa band yang mewakili Heavy Metal generasi yang baru seperti Iron Maiden, Motorhead, Diamond Head dan lain-lain. Pada generasi Heavy Metal yang baru ini, unsur-unsur genre blues sudah mulai berkurang. Hasilnya Heavy Metal yang lebih cepat dan agresif. Bahkan pada akhir tahun 1980an, muncul band-band yang lebih cepat, agresif dan “thrash“. Beberapa band yang mempopulerkan pasti kamu sudah tidak asing lagi, Metallica, Megadeth dan lain-lain.

  • 1990 – Eksplorasi Metal
Pada tahun 1990 merupakan munculnya berbagai genre metal yang sangat variatif, via: rockfeed.net
Pada tahun 1990 merupakan munculnya berbagai genre metal yang sangat variatif, via: rockfeed.net

Pada tahun ini merupakan munculnya berbagai genre metal yang sangat variatif. Begitu banyak band bereksplorasi dengan gaya metal mereka masing-masing, hasilnya musik metal sudah semakin sulit klasifikasikan. Namun pada tahun tersebut ada dua nama genre metal yang paling menonjol yaitu Extreme Metal dan Grunge. Extreme Metal didominasi dengan perpaduan musik thrash dan hardcore. Salah satu band perintis genre ini adalah Pantera. Sedangkan Grunge cenderung mengeksplorasi metal dengan cara lain melakukan pendekatan berbeda dengan metal dan menonjolkan lirik. Beberapa band Grunge terkenal yang merintis genre metal yang satu ini seperti Alice in Chains, Nirvana, Soundgarden dan lain-lain.

  • 2000 – Revolusi Metal
Musik metal bisa dikombinasikan dengan apapun, via: teamdistort.com
Musik metal bisa dikombinasikan dengan apapun, via: teamdistort.com

Salah satu hal yang paling menarik dari musik metal adalah kebebasan dalam mengeksplorasi segala hal dalam musik. Pada akhir tahun 1990an hingga sekarang, metal benar-benar berubah dengan cepat. Saat ini genre metal sangat variatif. Musik metal bisa dikombinasikan dengan apapun. Para musisi metal menikmati cara memainkan metal dengan cara mereka masing-masing. Beberapa genre metal pada masa ini antara lain; Symphonic, Folk, Melodic Death, Progressive Death, Technical Death, Metalcore, Post-Hardcore, Djent dan lain-lain.

Itulah sejarah adanya musik metal di dunia. Musik metal merupakan salah satu genre yang memiliki sub-genre yang sangat banyak jika dibandingkan dengan genre lainnya. Hal tersebut karena musik metal sangat membebaskan para musisinya mengeksplorasi dengan sebebas-bebasnya.

LEAVE A REPLY