Perjalanan Musik Joey Alexander yang Penuh Kejutan

Via: Youtube.com

Kordspirasi.com – Musisi muda berbakat asal Indonesia, Joey Alexander kembali mengharumkan nama Indonesia. Joey kembali masuk nominasi dalam ajang tertinggi Grammy Awards 2017. Joey masuk nominasi dalam kategori Improvised Jazz Solo. Nominasi yang sama, saat ia masuk nominasi pada Grammy Awards 2016. Namun bedanya kali ini, Joey digadang sebagai kandidat terkuat pada nominasi tersebut. Joey Alexander memang tidak pernah berhenti membuat banyak orang terkejut. Baik orang dalam negeri maupun luar negeri, saat ini semakin banyak yang mencari biografi Joey Alexander, maupun lagunya di internet. Dan berbicara hal mengejutkan lainnya dari Joey Alexander, berikut adalah perjalanan karir bermusik yang mengejutkan dari Joey Alexander.

Via: http://blogs.kcrw.com
Via: http://blogs.kcrw.com

– Mampu bermain piano sejak usia 6 tahun
Orang pertama yang terkejut dengan kemampuan Joey dalam bermain piano mungkin adalah orang tuanya. Bagaimana tidak? Ia sudah bisa memainkan piano sejak usianya masih 6 tahun. Bahkan Joey bisa bermain piano secara otodidak. Dimulai dengan mendengarkan lagu, kemudian dengan mudah, ia menangkap dan memainkan lagu tersebut lewat piano di rumahnya. Tidak tanggung-tanggung, saat itu ia sudah bisa memainkan beberapa lagu pianis terkenal, Thelonious Monk.

– Diundang UNESCO untuk bermain solo piano saat usia 8 tahun
Pada saat usia Joey menginjak 8 tahun, ia mendapat undangan istimewa. Ia diberikan kesempatan bermain piano di UNESCO. Bahkan saat bermain piano secara solo disana, ia disaksikan oleh pianis favoritnya sendiri, Herbie Hancock. Dan momen yang paling unik saat Joey memainkan lagu Herbie Hancock dan ditutup dengan pelukan hangat dari sang idola.

– Menang dalam festival jazz internasional saat umur 10 tahun
Dua tahun berlalu, saat usia 10 tahun Joey menang dalam sebuah festival musik jazz internasional di Kopenhagen. Bahkan tidak cukup hanya satu festival jazz internasional, ia juga menang dalam kontes improvisasi Internasional di Odessa, Ukraina. Ia berhasil menjadi yang terbaik dari 200 profesional jazz dari berbagai negara.

– Masuk nominasi Grammy Awards di usia 12 tahun
Joey merilis album perdananya yang berjudul “My Favorite Things” pada tanggal 12 Mei 2015, saat itu usianya masih menginjak 11 tahun di bawah naungan Motema Record, New York. Berkat album ini, Joey mendapatkan nominasi Anugerah Grammy untuk dua kategori sekaligus: Best Instrumental Jazz Album (My Favorite Things) dan Best Jazz Solo Improvisation (Giant Steps dari album tersebut). Saat mendapat nominasi tersebut, Joey baru menginjak usia 12 tahun.

– Usia 13 tahun memenangkan Grammy Awards?
Seperti yang sudah disinggung diawal artikel bahwa Joey berhasil masuk kembali dalam nominasi penerima penghargaan Grammy Awards. Bahkan pada penghargaan kali ini, Joey dikatakan yang paling memiliki kesempatan besar mendapat Grammy Awards dalam kategori Improvised Jazz Solo. Semoga untuk yang kali ini, kamu mendapatkannya ya, Joey!

Terima kasih telah membaca artikel kami dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY