Peran Musik Dalam Membantu Pengobatan

Via: indoindotraditionalmusic.blogspot.co.id

Kordspirasi.com – Musik dikenal sebagai media yang dapat memberikan ketenangan dan mengurangi stres. Mendengarkan musik dapat merangsang organ tubuh untuk bergerak. Linda Maguire, seorang musisi internasional yang terkenal dan memiliki karir cemerlang selama 23 tahun, melakukan uji coba untuk memainkan musik kepada para pasien demensia untuk menghibur mereka. Respon positif yang ditunjukkan oleh pasien sungguh mengejutkannya. Hal ini mendorongnya untuk mendalami terapi musik pada kesehatan manusia.

Linda Maguire music therapy, via: carrollcountytimes.com
Linda Maguire music therapy, via: carrollcountytimes.com

1. Penyakit Demensia
Linda sangat tertarik pada kekuatan musik terhadap pasien demensia, saya menyadari bahwa otak akan menanggapi musik. Terapi musik pada pasien demensia dilakukan seminggu sekali. Linda mencoba memainkan piano serta menyanyikan lagu-lagu, sambil mengamati bagaimana reaksi mereka. Jadi Linda mengembangkan enam program satu jam di mana not-not tertentu dimainkan, dan pasien menghayati musik tersebut hingga masuk ke jiwa pasien. Sebagian besar musik yang dimainkan tidak pernah mereka dengar sebelumnya, dan mereka menyukainya.

2. Penyakit Alzheimer
Penderita penyakit Alzheimer tidak bisa mengikuti kehidupan, tidak bisa mengikuti percakapan, mereka tidak dapat mengingat orang. Penderita Alzheimer seperti orang yang tersesat, mereka bingung dan telah kehilangan memori kerja. Tetapi karena bagian dari otak yang menginternalisasi musik dan penandaan khusus pada irama masih sangat sehat pada pasien Alzheimer, sehingga mereka masih dapat mengikuti musik, dan mengingatnya. Kekuatan musik memberikan rangsangan pada jaringan-jaringan tubuh dan itulah yang membuat mereka merasa terkontrol.

3. Penyakit Kanker
Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui respon musik pada penderita kanker. Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa musik memberikan reaksi positif bagi perkembangan psikis maupun fisik pada penderita kanker. Musik dapat mengurangi rasa cemas, stress, dan juga rasa nyeri yang mengakibatkan rasa lelah pasca terapi yang dilakukan. Selain itu juga, musik dapat menurunkan tekanan darah dan membuat detak jantung serta pernapasan menjadi lebih stabil. Hasil penelitian itupun diterbitkan dalam terapi kanker yang dilakukan jurnal Cochrane Library.

Itulah beberapa peran musik dalam pengobatan. Terima kasih sudah membaca artikel dari kami, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY