Pentingnya Berpuisi Lewat Musik

puisi-dalam-musik

Kordspirasi.com – Lagu adalah sebuah karya yang tak pernah lekang oleh waktu. Lagu adalah abadi, begitu juga lirik yang terkandungnya akan selalu terdengar di sepanjang waktu. Lalu, bagaimana menilai lagu terbaik? Hal itu tergantung selera pendengarnya, Kordy pribadi menyukai lagu yang memiliki makna atau pesan tersirat untuk pendengarnya, tak peduli aliran apa lagu tersebut. Blues jika dibawakan Gugun Blues Shelter dan Shandy Sondoro Kordy lumayan suka. Kemudian untuk pop Kordy cenderung concern pada band asal Yogyakarta yaitu Letto, Kla Project, untuk solois Kordy menyukai Ebiet G Ade dan Iwan Fals. Meskipun pada awalnya Kordy pikir Iwan Fals agak cenderung mengikuti gaya Bob Dylan, apalagi jika sudah menyanyi sambil berharmonika. Untuk Ebiet G Ade Kordy memiliki pandangan khusus, dia bernyanyi sambil berpuisi. Setiap bait liriknya mengandung pesan mendalam tentang sebuah obyek, atau kejadian, ballad yang mendayu-dayu menyayat setiap urat-urat di hati, ngilu, jika tak percaya dengar dan rasakan. Bila belum puas, coba tanyakan pada rumput yang bergoyang.

Dalam bermusik orisinalitas sangat perlu, lupakan boyband atau girlband, karena bukan selera Kordy. Musik yang bagus mampu membawa perubahan, menciptakan trend dan cenderung konsisten terhadap aliran dan idealis yang dibawakannya. Untuk di Indonesia sangat fokus terhadap selera pasar, tahun kemarin era boyband, tahun sekarang era dangdut misalnya, dan hasilnya banyak musisi karbitan menyanyikan lagu dengan mengikuti selera pasar saat ini. Tak sedikit pula musisi berkualitas ketika masuk dapur rekaman di label besar akan goyah konsistensinya. Pendengar pun juga begitu, dia akan cenderung berubah sesuka hati, musim kemarin ngefans si A, musim ini ngefans si B.

Di era sekarang, teknologi memegang peranan penting dalam kehidupan. Teknolgi mengubah hal rumit yang semestinya menjadi lebih praktis. Korelasinya dengan musik apa? Tentu ada, coba kita pikirkan secara pragmatis, keberadaan teknologi mampu membuat manusia berpikir secara praktis, begitu juga dengan sebuah lagu. Lagu yang rumit dan lirik lagu yang susah dimengerti akan membuat pendengar malas. Itu sebabnya musisi sekaliber White Shoes And The Couple Company, Frau, Sore atau Efek Rumah Kaca. Kurang banyak pendengarnya di Indonesia, kecuali orang yang peka akan musik. Manusia yang cenderung berpikir praktis akan malas memahami lirik lagu yang rumit karena terbiasa dengan sesuatu yang praktis. Apa pentingnya berpuisi lewat lagu? Kordy akan mengungkapkan beberapa poin di sini.

1. Menumbuhkan minat anak muda terhadap sastra.

Dengan berpuisi lewat lagu setidaknya mampu menumbuhkan semangat sastra kepada anak muda, via: http://www.riversidemusicstudios.com/
Dengan berpuisi lewat lagu setidaknya mampu menumbuhkan semangat sastra kepada anak muda, via: http://www.riversidemusicstudios.com/

Sastra memiliki peranan penting dalam gerakan pemuda tempo dulu, tengoklah Chairil Anwar, Sok Hok Gie, Taufiq Ismail, dan lain-lain. mereka besar karena sastra, turut berperan pula dalam mempengaruhi stabilitas politik di negeri kita. Berapa banyak lagi lagu yang dicekal pada masa reformasi karena mengandung lirik sarkasme yang menyindir pemerintah, seperti Bento-nya Swami, Mimpi Siang-nya Doel Soembang. Jika kita kaji ulang betapa kuatnya sebuah lagu mampu mendobrak kebijakan pemerintah. Dalam masa sekarang, kebebasan pers sebenarnya sudah ditegakkan, namun dalam wujudnya, kita malah seperti kehilangan inspirasi. Sastra mampu menumbuhkan rasa nasionalisme, jika dikemas dalam bentuk yang bagus, lewat lagu misalnya. Penyebab anak muda kehilangan minat terhadap sastra karena tidak memiliki inspirator yang berupa sastrawan besar. Maka dengan berpuisi lewat lagu, setidaknya mampu menumbuhkan semangat sastra kepada anak muda.

2. Meningkatkan musikalitas musisi Indonesia.

Banyak musisi yang memiliki skill bermusik yang baik, via: http://www.venturausd.org/
Banyak musisi yang memiliki skill bermusik yang baik, via: http://www.venturausd.org/

Sebenarnya di Indonesia, banyak musisi yang memiliki skill bermusik yang baik, namun cenderung memiliki kekuatan lirik yang lemah, hal ini akan berdampak menurunkan musikalitas musisi itu sendiri. Dengan berpuisi lewat lagu, setidaknya kita turut kembali mengenalkan istilah-istilah yang kurang baku kepada khalayak. Seperti Ahmad Dhani, sebenarnya musisi yang hebat sehingga sering disebut maestro, namun jika kita bandingkan karyanya terdahulu dengan yang sekarang, akan terdapat diferensiasi yang cukup mencolok, Kordy sendiri cenderung lebih mengagumi karya-karya romantis terdahulu Ahmad Dhani di Dewa 19 daripada yang sekarang. Entah apa penyebabnya, yang jelas Ahmad Dhani seperti kehilangan minat terhadap kekuatan lirik di lagunya yang sekarang.

3. Menghilangkan sikap apatis terhadap sebuah lagu.

Menilai lagu dapat dari berbagai sudut, via: www.playbuzz.com
Menilai lagu dapat dari berbagai sudut, via: www.playbuzz.com

Bagaimana anda menilai sebuah lagu? Jika anda adalah seorang gitaris mungkin anda cenderung menilai dari petikan gitar atau melodinya. Namun jika anda hanyalah seorang awam, menilai lagu dapat dari berbagai sudut. Salah satunya kekuatan liriknya, belajarlah memaknai lagu lewat liriknya. Cari tahu makna lagu lewat intuisi masing-masing, bukan sekedar lagu itu enak didengar dan dinyanyikan. Setidaknya berpuisi lewat lagu mampu membuat penasaran pendengar, dan pendengar akan memaknai sebuah kekuatan lirik yang didengarnya. Hal ini mampu meningkatkan selera mendengarkan musik yang tinggi pada pendengarnya dan lebih menghargai musisi dari berbagai sudut pandang.

Itulah beberapa poin dari manfaat berpuisi lewat lagu, namun Kordy tekankan jika musik itu universal. Selera musik masing-masing orang tidak mungkin sama. Tidak ada yang salah dengan gaya bermusik musisi saat ini, karena mereka menciptakan lagu untuk tujuan ekonomi. Tapi yang jelas, musik di Indonesia sedang mengalami kemunduran sekarang ini, di mana pembajakan telah melampaui batas, banyak musisi berkualitas kalah dengan musisi yang bahkan tidak tahu cara bernyanyi yang baik. Itulah hukum rimba, di mana yang mempunyai “modal” akan dengan mudah menaklukkan industri dapur rekaman. Kunci keberhasilan musisi dari prespektif Kordy adalah menciptakan lagu karya pribadi, dan menyanyikannya dengan gaya sendiri. Bukan dengan meniru style musisi lain. Bagaimanapun, musik adalah alat komunikasi yang paling baik, dengan lagu yang bagus akan menciptakan komunikasi yang bagus pula, musik yang baik adalah yang mampu menginspirasi orang lain untuk menjadi lebih baik, begitupun musisi yang baik tak akan menjerumuskan penggemarnya kepada sebuah keniscayaan bahwa musiknya adalah yang paling baik di antara musik yang lain. Belajar memahami musik dari sebuah lirik adalah hal yang sah untuk dilakukan, seberapa mampu pikiran kita melawan kepraktisan yang ada. Puisi adalah media menyampaikan perasaan, musik adalah media menyampaikan imajinasi, dan lagu adalah media terbaik untuk berkomunikasi dengan banyak orang di dunia. Berpuisi lewat lagu adalah keindahan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY