Musisi Terkenal Dunia yang Pernah Melanggar Hukum

Via: fullhdpictures.com

Kordspirasi.com – Musisi juga manusia, sama seperti orang lain yang pernah melakukan kesalahan tertentu. Dari kesalahan kecil hingga kesalahan besar. Bahkan karena kesalahannya beberapa musisi berikut mau tidak mau harus mendapat ganjaran dan bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka lakukan. Tidak tanggung-tanggung karena kesalahan mereka sudah menjurus kepada tindakan mengganggu ketertiban umum atau kriminal yang tentu saja ada akibat hukum yang harus mereka terima. Dan berikut beberapa musisi dunia yang pernah melanggar hukum.

1. DMX

Juni 2004, rapper DMX menambah daftar panjang keterlibatannya dengan masalah huku, via: www.rapbasement.com
Juni 2004, rapper DMX menambah daftar panjang keterlibatannya dengan masalah huku, via: www.rapbasement.com

Pada bulan Juni 2004, rapper DMX menambah daftar panjang keterlibatannya dengan masalah hukum. Kali ini ia ditangkap untuk kesekian kalinya di Bandara Internasional JFK di New York. Tidak main-main, DMX dikabarkan akan mencoba mencuri mobil dengan mengaku-ngaku pada sopir bahwa ia adalah seorang agen FBI. Sialnya ia kemudian menabrakkan SUV-nya di parkir gerbang bandara. DMX didakwa atas tuduhan meniru agen federal, kepemilikan kokain, kepemilikan senjata, mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol, dan usaha pembajakan mobil. Ia mengaku bersalah, membayar beberapa denda, tetapi hanya menjalani hukuman beberapa hari saja.

2. Boy George

George dihukum pada tahun 2008 dan menjalani beberapa bulan hukuman penjara, via: www.boygeorgefever.com
George dihukum pada tahun 2008 dan menjalani beberapa bulan hukuman penjara, via: www.boygeorgefever.com

Penyanyi androgini Culture Club didakwa telah menyekap seorang laki-laki. Tidak hanya dirantai di dinding, laki-laki itu juga mendapat beberapa perlakuan kasar. Belakangan korban yang diketahui bernama Auden Carlsen, pada saat itu Carlsen berhasil kabur dan melapor pihak berwajib. Atas tindakan kriminalnya, George dihukum pada tahun 2008 dan menjalani beberapa bulan hukuman penjara.

3. James Brown

Godfather of Soul ditangkap terkait penyalahgunaan narkoba, via: metamansion.com
Godfather of Soul ditangkap terkait penyalahgunaan narkoba, via: metamansion.com

Pada tahun 1988, Godfather of Soul ditangkap terkait penyalahgunaan narkoba setelah polisi mengejarnya saat berkendara dengan kecepatan tinggi di dekat perbatasan Georgia Selatan Carolina. File FBI pada Brown, yang dirilis pada tahun 2007, menceritakan bahwa polisi setempat menembak mobil Brown beberapa kali dan menyerangnya setelah penangkapannya, walau otoritas lokal membantah tuduhan tersebut. Brown dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan dilepas pada tahun 1991, setelah menjalani tiga tahun hukuman.

4. Wendy O. Williams

Williams, dikenal dengan aksi panggung dengan pakaian sangat minim, via: www.pinterest.com
Williams, dikenal dengan aksi panggung dengan pakaian sangat minim, via: www.pinterest.com

Pada bulan Januari 1981, Williams (penyanyi The Plasmatics, band metal / punk yang cukup besar pada saat itu) ditangkap setelah acara di Milwaukee dan didakwa karena adegan seks di atas panggung. Williams, dikenal dengan aksi panggung dengan pakaian sangat minim dan pita untuk menutupi bagian pribadinya. Semua berjalan baik-baik saja saat ia hendak dimintai keterangan polisi, tapi saat ia memasuki mobil polisi, petugas secara tidak sopan melecehkannya. Williams menamparnya dan masalah menjadi semakin rumit. Meskipun demikian, ia dibebaskan atas tuduhan sebelumnya.

5. Jim Morrison

Jim Morrison mencoba  menyulut kerusuhan di atas panggung dengan aksi provokatif, via: www.classicrockersnetwork.com
Jim Morrison mencoba menyulut kerusuhan di atas panggung dengan aksi provokatif, via: www.classicrockersnetwork.com

Selama 1969 konser di Miami, penyanyi legendaris The Doors mencoba (gagal) menyulut kerusuhan di atas panggung dengan aksi provokatif menjurus tindakan tidak senonoh. Surat perintah penangkapan dikeluarkan tiga hari setelah acara tersebut oleh Departemen Kepolisian setempat. Akibatnya banyak pertunjukan The Doors dibatalkan. Morrison akhirnya meninggal sebelum sempat dikenakan hukuman. Namun drummer The Doors, John Densmore menyangkal aksi provokatif Morrison panggung di Miami, dan pada tahun 2010, Gubernur Florida, Charlie Crist memberikan Morrison pengampunan.

6. Chris Brown

Chris Brown rupanya memang mengalami kesulitan mengendalikan emosinya, via: www.cnn.com
Chris Brown rupanya memang mengalami kesulitan mengendalikan emosinya, via: www.cnn.com

Sudah sering sekali penyanyi yang satu ini berurusan dengan hukum. Namun yang paling menyita perhatian publik adalah kasus kekerasannya terhadap penyanyi cantik sekaligus kekasihnya pada saat itu, Rihanna. Karena kasus tersebut ia dihukum lima tahun masa percobaan. Mantan kekasih Rihanna ini rupanya memang mengalami kesulitan mengendalikan emosinya. Tidak heran jika dia kerap terlibat tindak kekerasan, baik dengan sesama artis maupun dengan orang yang bahkan tak dikenalnya. Hingga mengakrabkannya dengan urusan hukum.

Itulah beberapa musisi terkenal dunia yang pernah melanggar hukum. Walaupun mereka musisi terkenal dunia dengan ketenaran dan banyak kelebihan dibanding manusia pada umumnya, tetap sama di mata hukum. Jika bersalah harus mempertanggungjawabkannya.

LEAVE A REPLY