Mengapa Banyak Musisi Terkenal Meninggal Pada Usia 27 Tahun ?

musisi-meninggal-27-tahun
Penampilan terakhir Jimi Hendrix, via: www.huffingtonpost.com

Kordspirasi.com – Seperti judulnya bahwa kali ini Kordy akan membahas tentang musisi yang meninggal pada usia 27 tahun. Usia musisi yang sangat muda, bahkan tidak hanya di usia muda, diantaranya meninggal pada masa kejayaannya. Kordy tertarik mengangkat hal ini karena memang banyak sekali artikel yang membahas tentang musisi yang meninggal di usia muda. Selain itu, sepertinya masih menjadi banyak pertanyaan seputar hal tersebut. Seperti alasan-alasan yang melatarbelakanginya, bahkan ada banyak yang mengaitkan dengan club 27, semacam club pemuja setan atau semacam seperti itu.

Memang cukup banyak ya, musisi yang meninggal muda, musisi yang sayang sekali meninggal di usia yang relatif  muda. Sebut saja Jimi Hendrix, salah seorang gitaris paling berpengaruh di dunia yang meninggal pada tahun 1970. Ada lagi yang sangat menggemparkan di tahun 1994, kematian Kurt Cobain. Dan yang paling baru ada Amy Winehouse. Selain itu masih ada lagi seperti Robert Johnson, Rudy Lewis, Jim Morrison dan masih banyak lagi. Cukup ironis melihat musisi muda berprestasi meninggal di usia yang sama dengan cara tragis. Dan yang masih menjadi misteri adalah meninggal pada usia yang sama. Lalu sebenarnya apa yang terjadi dengan mereka?

Sebenarnya tidak ada yang bisa memastikan mengapa mereka para musisi meninggal di usia muda dengan usia yang sama. Namun melihat latar belakang mereka adalah musisi, seseorang yang menghasilkan karya atau kemampuan dalam bermusik, kita akan mencoba mencari tahu dari hal tersebut.

langsung saja, berikut beberapa alasan mengapa para musisi tersebut meninggal di usia muda 27 tahun;

1. Depresi

Kurt Cobain saat tampil di MTV unplugged, via: rollingstone.com
Kurt Cobain saat tampil di MTV unplugged, via: rollingstone.com

Walau Kordy tidak begitu merasakan, tapi Kordy tahu bahwa hidup di dunia hiburan tidaklah gampang. Walau kelihatannya bisa hidup menjadi seorang superstar yang terkenal, bergelimang harta dan nyaris mendapatkan apa saja yang mereka inginkan. Namun dibalik itu semua, seseorang di bidang ini harus dituntut tampil sempurna, jika mereka terlihat cacatnya, mereka harus siap-siap mendapat sorotan publik. Tidak saja dengan bidangnya dalam bermusik yang menjadi sorotan dan kritikan. Tentu saja kehidupan pribadi mereka pasti terganggu. Kemudian jika mereka tidak cukup kuat menghadapi semua itu, bunuh diri menjadi pilihan nekad mereka.

2. Narkoba

Penampilan terakhir Jimi Hendrix, via: www.huffingtonpost.com
Penampilan terakhir Jimi Hendrix, via: www.huffingtonpost.com

Saat mereka depresi banyak hal yang dilakukan sebagai pelampiasaannya, salah satunya adalah narkoba. Berbagai jenis narkoba memang sangat akrab dengan kehidupan musisi. Apalagi jika narkoba menjadi semacam gaya hidup mereka. Maka narkoba akan menjadi semacam kebutuhan yang harus dipenuhi. Selanjutnya semua orang pasti tahu betapa berbahaya narkoba. Berbagai efek buruk menjadi sebuah konsekuensi dari penggunanya. Dan pada akhirnya bisa sangat berdampak fatal, overdosis.

3. Krisis iman

Jim Morrison salah satu musisi yang gila seks dan sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistik, via: www.classicrockersnetwork.com
Jim Morrison salah satu musisi yang gila seks dan sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistik, via: www.classicrockersnetwork.com

Walau dikalangan musisi Hollywood, atheis atau tidak beragama adalah hal yang biasa, ini jelas memberikan gambaran bahwa ternyata agama memang penting. Tidak bermaksud menjadi seorang pemuka agama, Kordy pikir jika seseorang percaya dengan adanya Tuhan, surga dan neraka, maka mereka pasti bisa berpikir lebih jauh lagi. Walau tidak sepenuhnya menyalahkan mereka, tetapi hal ini malah menjadikan Kordy pribadi menjadi lebih merasakan bersyukur. Bagaimana saat kita merasa sendiri dan tidak bisa apa-apa, masih ada Tuhan yang mau membantu kita jika kita percaya.

Lalu mengapa bisa meninggal pada usia yang sama? Mengapa banyak musisi meninggal di usia muda? Kordy pikir ini hanyalah sebuah kebetulan semata. Semua yang ada di dunia ini sudah ada yang mengatur. Terlebih lagi, banyak juga musisi atau artis yang meninggal di usia yang sama, tidak hanya pada umur 27 tahun. Oleh karena itu, hal-hal semacam club 27 atau apalah itu, Kordy lebih memilih untuk tidak percaya pada hal semacam itu.

Tidak bisa menyalahkan mereka, para musisi yang meninggal pada usia muda. Semua orang pasti memiliki masalahnya masing-masing. Disini yang membedakan bagaimana cara kita bisa mengatasinya. Melihat hal tersebut memberikan banyak pelajaran bahwa seharusnya memiliki banyak cinta dan kasih sayang sangat dibutuhkan hidup di dunia ini. Cinta dan kasih sayang yang akan menolong kita saat kita dalam masa susah. Cinta dan kasih sayang dari sesama manusia dan tentu saja Sang Pencipta.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY