Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

Via: nationalgeographic.co.id

Kordspirasi.com – Musik bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, mendengarkan musik sambil olahraga juga memberikan dampak yang positif, misalnya dapat mengatasi rasa bosan, dan dapat menjaga ritme bergerak. Saat berolahraga lebih baik memilih jenis olahraga yang menyenangkan. Selain dapat membuat anda terus produktif, menemukan kesenangan saat berolahraga tak hanya mendapatkan sehat secara fisik tetapi juga sehat secara mental.

Peneliti Daniel Levitin dari McGill University di Kanada menemukan bukti bahwa musik bermanfaat bagi kesehatan. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa dengan mendengarkan musik, otak dapat menghasilkan bahan kimia opioid dan dopamin. Apa itu opioid dan dopamin?. Opioid adalah sejenis bahan kimia yang dapat mengurangi sekaligus menghilangkan rasa sakit alami pada tubuh. Sedangkan dopamin adalah bahan kimia yang dapat memberikan efek kesenangan saat berolahraga.

Selain itu menurut Robin Dunbar dari Oxford University, ikut bernyanyi, menari, atau bermain musik lebih dapat mengurangi rasa nyeri jika dibanding hanya mendengarkan saja. Secara medis, musik memang bermanfaat bagi kesehatan.

Via: hubpages.com
Via: hubpages.com

Bahkan penelitian lainnya juga mengungkapkan manfaat musik lainnya. Menurut para peneliti di University of British Columbia, Kanada, mendengarkan musik saat berolahraga, seperti lari, sprint, jalan cepat, angkat beban dan kegiatan serupa lainnya membuat seseorang lebih nyaman dan menikmati sesi olahraganya dibandingkan yang tanpa iringan musik.

Mendengarkan musik saat melakukan kegiatan olahraga menjadikan waktu terasa lebih singkat namun energi yang terkuras tetap banyak. Musik dengan irama yang kencang dan cepat dapat memacu adrenalin sekaligus menumbuhkan semangat. Itulah manfaat mendengarkan musik dalam olahraga.

Bagaimana bisa waktu terasa lebih singkat ketika berolahraga sambil mendengarkan lagu?.
Alasannya tanpa adanya musik atau irama yang memotivasi untuk bergerak, seseorang cenderung akan fokus pada kegiatan olahraganya saja serta fokus pada rasa letih dibagian dibagian sendi atau bagian tubuh lainnya yang sedang aktif digerakkan.

Terima kasih sudah membaca artikel dari kami, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY