Jangan Biarkan Kendala-Kendala Berikut Ini Mengganggumu Dalam Belajar Musik

tips-manggung
via: http://www.musicpiya.com/

Kordspirasi.com – Siapa yang tidak suka musik? Tidak peduli siapapun kamu, pasti ada salah satu musik kesukaanmu. Apapun jenis musiknya, setiap orang sudah sangat identik dengan musik dalam kehidupannya. Dimana pada momen tertentu, ada sebuah lagu yang selalu setia menemanimu. Seakan kamu bisa lebih baik saat mendengarnya. Memang beberapa orang menyukai musik untuk sekedar didengarkan. Namun ada juga orang yang menyukai musik, selain untuk didengarkan juga untuk dimainkan. Mereka berusaha belajar bermain musik agar bisa memainkan lagu-lagu kesukaannya. Setelah semakin mahir bermain musik bisa saja, mereka membentuk band terkenal dan pagi-pagi muncul di acara-acara TV.

via: http://www.musicpiya.com/
Setiap orang pasti menyukai musik, via: http://www.musicpiya.com/

Memang tidak sedikit orang yang ingin bisa bermain musik. Namun memang belajar musik atau belajar alat musik bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau untuk belajar tahapan dasar alat musik, bisa dipelajari dalam waktu singkat, misalnya chord/kunci-kunci gitar. Biasanya hal sangat mudah dipelajari dalam waktu singkat. Biasanya kamu hanya membutuhkan waktu tidak sampai 1 minggu untuk mengiri sebuah lagu. Berbeda dengan keyboard atau drum yang teknik dasarnya lebih kompleks. Namun untuk belajar alat musik tingkat lanjut memang sedikit banyak membutuhkan usaha.

Dalam belajar musik, dulu Kordy mencoba belajar gitar tingkat lanjut. Karena sudah bisa sekedar mengiringi orang menyanyi, Kordy ingin belajar gitar tingkat lanjut seperti lead gitar. Dimana Kordy ingin bisa teknik-teknik keren seperti gitar hero Kordy, yaitu Synyster Gates. Kordy ingin bisa menguasai teknik2 seperti arpeggio, sweeping, shredding dan masih banyak lagi. Namun ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Disitu Kordy merasa sangat kesulitan berkembang. Agar tidak berakhir seperti Kordy, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat belajar bermain musik.

1. Terburu-buru

Seseorang butuh menyelesaikan SD, SMP dan SMA sebelum ia berpikir untuk kuliah. Begitu juga saat belajar alat musik. Untuk bisa mahir memainkan alat musik, harus menyelesaikan setiap tahapannya. Dalam belajar musik, jika seseorang ingin cepat mahir dalam memainkankan alat musik tidak boleh belajar secara lompat-lompat. Sebenarnya bisa saja belajar secara random, tapi hasilnya tidak akan maksimal. Akan lebih baik jika saat belajar musik, setiap tahapan diselesaikan dengan baik terlebih dahulu, misalnya saja saat seseorang ingin belajar bermain gitar, agar terlihat keren langsung belajar teknik arpeggio. Hasilnya kamu bakal sangat kesulitan. Oleh karena itu, wajarlah jika belajar perlahan setiap tahapannya.

Belajar memainkan alat musik memang tidak bisa terburu-buru. Karena dalam belajar musik, setiap teknik yang ada dalam penggunaan alat musik pasti berhubungan satu sama lain. Jika masih benar-benar dasar, sebaiknya belajar pengenalan bagian alat musik, ketukan, nada-nada dasar sampan dirasa sudah bisa dan benar-benar bosan. Jika belajar alat musik tingkat lanjut bisa dengan memulai dengan belajar mencontoh bagian-bagian lagu yang kamu sukai. Atau kamu juga bisa melihat tutorial di youtube. Banyak orang belajar musik dari sana.

2. Tidak fokus

Selain tidak boleh terburu, saat belajar alat musik sebaiknya juga harus fokus. Setelah tahapan-tahapan dilalui dengan baik, maka fokus sangatlah dibutuhkan. Memang Kordy paham banyak sekali teknik-teknik yang ingin kamu ulik atau coba, tetapi memang tidak boleh mempelajari secara random. Dalam belajar musik, sebaiknya mulailah satu per satu sampai dirasa benar-benar menguasai. Setelah itu bolehlah pindah ke teknik lain dan lakukan hal yang sama. Maka Kordy yakin pasti semua teknik bisa benar-benar dikuasai dengan lebih baik.

Selain itu kebanyakan referensi juga tidak bagus. Saat kamu memililiki terlalu banyak referensi dalam belajar musik, yang ada kamu akan mendapati kamu tidak belajar secara optimal. Ambillah beberapa referensi saja untuk dipelajari. Maksimalkan untuk menyerap semua hal yang kamu pelajari dari referensimu. Misalnya kamu seorang drummer, usahakan ada satu drummer terkenal untuk kamu ikuti. Kemudian ambillah ilmu dari mereka. Bagaimana mereka memainkan setiap bagian drum-nya.

3.  Malas-malasan

Jika musuh utama serial Naruto adalah Madara Uchiha, maka disini musuh utama orang yang ingin belajar sesuatu adalah kemalasan, sama halnya dalam belajar musik. Entah bagaimana dia bisa sangat kuat mengganggu kita dalam belajar sesuatu. Saat kamu baru mulai belajar sesuatu kemudian secara tiba-tiba rasa tersebut timbul dan menghancurkan segalanya. Sama halnya saat kamu belajar bermain alat musik, malas-malasan membuatmu tidak lancar berlajar.

Walaupun malas-malasan musuh yang sangat kuat, tetapi kita pasti bisa mengalahkannya. Dengan niat yang sungguh-sungguh rasa malas bisa sedikit-demi sedikit diberantas. Saat belajar dan kemudian tiba-tiba rasa malas menyerang tinggal berusaha bertahan. Untuk itu sebaiknya kamu menyediakan waktu khusus untuk belajar alat musik. Kalau masih sulit juga, kamu bisa coba ambil kelas musik atau les musik. Disana mau tidak mau kamu pasti akan menjadi lebih rajin.

4. Ketersediaan alat musik

Ketersediaan alat musik juga merupakan salah satu kendala yang dulu Kordy hadapi. Saat itu Kordy ingin mempelajari alat musik keyboard, tetapi tidak memiliki cukup banyak uang untuk membelinya. Untungnya ada unit kegiatan di kampus yang menyediakan alat tersebut. Saat ada waktu Kordy kesana memainkannya atau beberapa orang yang membagi ilmunya disana. Namun saat suatu waktu tiba-tiba niat atau keinginan datang, pastinya tidak bisa langsung dilampiaskan. Untuk itu sebaiknya mengumpulkan sedikit demi sedikit uang saku untuk membeli alat musik keinginanmu demi melancarkan dalam belajar musik.

Itulah beberapa kendala yang dihadapi saat belajar alat musik. Banyak kendala yang dihadapi dalam belajar bermain musik, tetapi selalu ada yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY