Cara Gampang Membuat Lagu Sendiri

membuat-lagu

Semua kata rindumu semakin membuatku tak berdaya…

Menahan rasa kerinduan…

Percayalah padaku akupun rindu kamu…

Kuakan pulang, melepas semua…

Kerinduan, yang terpendam…

Kordspirasi.com – Jika kalian familiar, beberapa baris kalimat diatas adalah petikan lirik lagu dari salah satu band legendaris Indonesia, Dewa 19. Lagu tersebut menjadi hits saat zaman kejayaan band rock Indonesia, sekitar tahun 1992. Bahkan sampai sekarang lagu tersebut masih disenangi banyak orang. Lagu ini juga menjadi salah satu lagu popular di beberapa tempat karaoke. Wajar, memang lagu tersebut sangat bagus. Bagaimana Ahmad Dhani bisa meramu kata menjadi lirik yang bagus, dipadukan dengan nada-nada yang bagus dan dikemas dalam musik yang enak didengar. Benar-benar perpaduan yang sangat sempurna.

Banyak orang menggunakan lagu sebagai gambaran apa yang dia miliki, via: www.pickywallpapers.com
Banyak orang menggunakan lagu sebagai gambaran apa yang dia miliki, via: www.pickywallpapers.com

Lagu memang berasal dari berbagai inspirasi yang kemudian dituangkan menjadi lagu. Banyak orang menggunakan lagu sebagai gambaran apa yang dia miliki. Namun memang membuat lagu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bagaimana seseorang mampu menggabungkan lirik, nada dan musik menjadi sebuah lagu. Kurang lebih teorinya seperti itu. Terdengar mudah, tetapi saat mencoba membuat terkadang membutuhkan inspirasi dulu dan proses. Adapun kalau sudah mendapat inspirasi, malah bingung bagaimana memulainya. Apakah mau menulis lirik dulu atau nadanya dulu, tapi tunggu dulu aku lupa bagaimana nadanya, mungkin kurang lebih seperti itu kesulitannya. Nah, disini memang masih sering ditemukan bagaimana orang-orang kesulitan dalam cara membuat lagu.

Oleh karena itu, Kordy mencoba membagi pengalaman membuat sebuah lagu. Kordy akan membagi cara membuat lagu. Langkah-langkah berikut ini sangat mudah diikuti. Dan berikut ini langkah-langkahnya:

1. Tema

Cara membuat lagu dimulai dengan menemukan tema. Dalam membuat lagu, begitu banyak tema yang bisa kamu angkat menjadi sebuah lagu. Kamu bisa coba mengangkat tema, sosial, persahabatan, politik, cinta dan masih banyak lagi. Salah satu tema itupun masih bisa bagi-bagi lagi, misal cinta bisa tentang kesetiaan atau pengorbanan. Atau tidak bisa mengambil inspirasi pada kejadian-kejadian terdekatmu. Biasanya cinta paling mudah, apalagi inspirasi yang didapat dari pasanganmu. Kamu nanti pasti akan sangat terbantu dalam menulis lirik. Anggap saja curhatan yang dituangkan dalam tulisan. Jadi tidak ada alasan kehabisan tema untuk menulis sebuah lagu.

2. Nada

Kebanyakan orang kebingunan cara membuat lagu karena nada. Agar lebih memudahkan membuat lagu, dalam langkah selanjutnya kamu bisa memulai dengan membuat nada. Kamu bisa membuat nada pada bagian reff dulu, atau part yang lainnya. Namun biasanya jika membuat nada, bagian reff adalah yang paling mudah. Selain itu agar memudahkan, kamu bisa memakai alat musik untuk mengiringi membantu membuat nada. Memang tidak mudah membuat nada yang bagus. Biasanya nada yang kamu buat adalah akumulasi banyak lagu yang pernah kamu dengar selama hidupmu. Untuk itu, sebaiknya memperbanyak referensi musik sangat bagus buatmu. Namun juga perlu diperhatikan agar tidak terdengar menjiplak dengan karya orang lain. Aturan yang berlaku, biasanya mengacu jika kesamaan sebanyak 8 bar. Tapi ayolah, masih banyak sekali nada yang bisa dibuat dari banyaknya nada.

3. Lirik

Tema sudah ada, nada sudah ada, sekarang tinggal memasukkan lirik pada nada yang telah kamu buat. Apapun yang kamu pikirkan selama ini, tuangkanlah disini. Misalnya itu tentang cinta, tinggal membayangkan saja apa yang menjadi inspirasimu. Kemudian mulai tulis apa yang kamu rasakan. Jika sekarang kamu sedang merasakan cinta, tulis bagaimana perasaan itu terjadi, bagaimana itu membuat hari-harimu berubah. Banyak orang kebingungan dengan cara membuat lagu, padahal semua materi ada di sekitarnya.

4. Musik

Buntu bagaimana cara membuat lagu pada bagian musik? Agar semakin lengkap menjadi sebuah lagu, maka disini perlu ditambah sentuhan musik pada lagumu. Kamu bisa memulai dengan membuat intro lagu, jika memang ada intronya. Biasanya jika lagu untuk band, ada beberapa bagian lain. Selain intro, ada juga melodi, outro, atau bagian musik lainnya. Kamu bisa mengkreasikan banyak alat musik disini. Ini adalah lagumu, kamu bisa memadupadankan berbagai jenis genre juga. Jika itu tentang kerinduan atau kasih sayang, kamu bisa memberi petikan gitar atau piano agar mempermanis lagunya.

5. Rekam

Setelah semua dibuat, jangan lupa bagian ini. Terkadang kamu lupa beberapa bagian lagu yang sudah kamu buat. Sebuah lagu bagus sudah kamu buat untuk seseorang tercinta, pada saat akan dinyanyikan tiba-tiba lupa. Berhubung tidak direkam, maka lagu yang sudah kamu susah payah buat menjadi percuma. Untuk itu, sebaiknya sediakan alat perekam untuk menyimpan lagu bagusmu.

Itulah beberapa langkah yang akan memudahkan kamu menulis lagu. Masih banyak cara membuat lagu lain yang bisa digunakan. Namun inilah langkah yang biasa Kordy lakukan dalam membuat lagu. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!!!

3 COMMENTS

    • Haha biar gampang bikin kuncinya dulu juga bisa. Nanti mulutnya sambil melagukan pake lalala atau nanana. Biasa seperti itu juga bisa

LEAVE A REPLY