Band Luar Negeri Menggunakan Nama Indonesia

Via: got-djent.com

Kordspirasi.com – Terkadang bagi anak band, salah satu hal tersulit dalam perjalanan bermain band adalah mencari nama band. Bukan hanya ingin nama band yang bagus, terkadang juga ingin membuat sebuah nama yang memiliki arti mendalam. Kemudian saat kesulitan mencari nama band, mereka memutuskan pulang ke rumah masing-masing dengan satu tugas yaitu mencari nama band. Setelah mendapatkan banyak nama, barulah membuat list nama yang akan digunakan sebagai nama bandnya. Biasanya berbagai nama berbahasa asing mendominasi list tersebut. Namun ternyata band dari Rusia ini malah tertarik menggunakan nama dari Indonesia untuk digunakan sebagai nama bandnya.

– Sumatra

Band asal Rusia ini sudah terbentuk sejak tahun 2005, via: tribunnews.com
Band asal Rusia ini sudah terbentuk sejak tahun 2005, via: tribunnews.com

Sumatra adalah band bergenre Deathcore/ Metalcore asal Moscow, Rusia yang sudah terbentuk sejak tahun 2005. Band ini sekarang beranggotakan Ilya Ulanov (Guitar), Max Chapliuk (Guitar), Alik Galstyan (Bass) dan Dmitry Burdin (Drums) Hingga saat ini mereka total sudah mengeluarkan 2 album yaitu “Heliocratic Infinity” (LP) pada tahun 2009 dan “Set Me Free” (single) pada tahun 2012. Mereka mengusung genre Deathcore pada awal kemunculannya, tetapi seiring berjalannya waktu mereka menjadi band Metalcore. Perubahan musik mereka dimulai saat tahun 2009-2010. Saat itu mereka membuat konsep baru dan mulai melakukan tour. Walau dibentuk tahun 2005, sebenarnya mereka aktif menjadi band profesional baru sejak 2008. Saat membuat konsep band dan mengeluarkan singleThe Sixth Circle“. Namun pada tahun 2009, band ini ditinggal salah satu pendirinya, Andrey Kovalev, yang kemudian hingga saat ini diganti oleh Dmitry Burdin.

– Indonesia

Nama Indonesia diambil karena unik, via: MAKINTAU.com
Nama Indonesia diambil karena unik, via: MAKINTAU.com

Selain Sumatra, ada satu lagi band Rusia yang menggunakan nama Indonesia. Ya, namanya benar-benar Indonesia. Menurut salah satu personilnya, nama Indonesia diambil karena unik. Selain itu, nama Indonesia juga tidak perlu dialihbahasakan dan juga bunyinya akan sama walaupun menggunakan berbagai bahasa di dunia. Namun ada cerita unik lainnya dibalik penamaan Indonesia, yaitu saat sang gitaris membeli gitar ternyata gitar tersebut bertuliskan “Made in Indonesia“. Nama Indonesia begitu menarik bagi sang gitaris. Band ini sebenarnya sudah cukup tenar di Rusia, terutama di kota asal mereka St. Petersburg. Bukan hanya karena nama uniknya, tetapi juga musikalitas mereka yang mumpuni. Secara keseluruhan mereka mengusung genre Rock Alternative. Beberapa bagian juga mereka isi dengan bagian-bagian Progressive. Band ini pernah melakukan tour 3 kota di Indonesia. Tour ini adalah kerjasama antara kedutaan besar Rusia di Indonesia dengan Indonesia sendiri. Dalam beberapa pertunjukkan bahkan sempat meng-cover lagu Indonesia “Rayuan Pulau Kelapa”.

LEAVE A REPLY